Rancang Bangun Rail Inspection Berpenggerak Mandiri Menggunakan Motor DC
DOI:
https://doi.org/10.25047/jteta.v1i2.12Keywords:
Motor Dc, State Of Charge (SOC), Jarak Tempuh, Rail InspectionAbstract
Tingginya lalu lintas perkeretaapian, tidak menutup kemungkinan bahwa jalan rel timbul beberapa masalah akibat penggunaan, seperti rel aus, rel patah, dan balast yang berkurang. PT. KAI melakukan perawatan dan pemeliharaan jalan rel secara terjadwal. Pemeriksaan jalan rel dilakukan secara manual, yakni petugas penilik jalan (PPJ) menyisir jalan rel. Ini menimbulkan permasalahan yakni waktu pemeriksaan menjadi lebih lama yang berdampak pada jadwal lalu lintas kereta api. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, diperlukan sebuah alat ukur yang bergerak mandiri. Alat ukur yang akan dibuat yaitu Rail Inspection dengan penggerak motor DC. Metode penelitian yang dilakukan studi literatur, desain mekanik dan desain kontrol, tahap manufaktur hingga perakitan, dan tahap pengujian. Motor DC dinilai mampu menggerakkan perangkat dengan nilai PWM 50,9 %, 56,9 %, dan 62,7 % yang menghasilkan kecepatan 2,05 km/j hingga 2,99 km/j. Hal ini dipengaruhi oleh berat benda dan koefisien gesek antara roda dengan rel dengan bahan baja. Perangkat dapat menempuh jarak sejauh 5,378 km hingga 5,54 km. Grafik State Of Charge (SOC) relatif linier pada persentase 100 % hingga 20 %. Hal ini disebabkan oleh kapasitas baterai yang rendah untuk mensuplai daya motor yang konstan.
Downloads
References
Abdullah, M. (2016). Fisika Dasar I. Institut Teknologi Bandung.
Azis, P. F. A. (2020). L298N Melalui Mpu-6050 Sebagai Kendali Gestur L298N Melalui Mpu-6050 Sebagai Kendali Gestur. Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara, 1–72.
Bagia, I. N., & Parsa, I. M. (2018). MOTOR-MOTOR LISTRIK (Issue April). CV. Rasi Terbit.
Dewi, N. H. L., Rohmah, M. F., & Zahara, S. (2019). Prototype Smart Home Dengan Modul Nodemcu Esp8266 Berbasis Internet of Things (Iot). Jurnal Teknik Informatika, 3.
Febriansyah Kumaraning, & Rohman, F. (2020). Analisis Variasi Nilai Duty Cycle pada PWM Terhadap Durasi Pengisian Baterai Lithium-Ion dan Lithium-Polymer. 2(1), 1–10.
Hidayati, Q. (2016). Pengaturan Kecepatan Motor DC dengan Menggunakan Mikrokontroler Berbasis Fuzzy-PID. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.32487/jtt.v4i1.123
I.K.A.Atmika. (2017). Konstruksi dan Stabilitas Kendaraan. April.
Kapadiya, P. A., Shah, I. R., & Mehta, N. D. (2014). Study and Implementation of Dc Drive Using Pic16F877a Microcontroller. International Journal of Research in Engineering and Technology, 03(05), 621–625. https://doi.org/10.15623/ijret.2014.0305114
Khaerul, M., Mastita, R., & Janah, N. (2020). Smart Garden Orchidaceae Menggunakan NodeMCU ESP8266 Berbasis IoT.
Linden, D., & Reddy, T. B. (2002). Handbook of Battery Third Edition. In D. Linden & T. B. Reddy (Eds.), Neutrons in Soft Matter (Third Edit). https://doi.org/10.1002/9780470933886.ch1
Mashadi, B., & Crolla, D. (2011). Vehicle Powertrain Systems. In Vehicle Powertrain Systems. https://doi.org/10.1002/9781119958376
Niam, C. (2011). Perancangan Dan Pembuatan Prototipe Robot Inspeksi Rel Kereta Api.
Otong, M., Ariwibowo, D., & Wahyudi, R. (2019). Perancangan Modular Baterai Lithium Ion (Li-Ion) untuk Beban Lampu LED. Setrum : Sistem Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, 8(2), 260. https://doi.org/10.36055/setrum.v8i2.6808
Ricky. (2013). PERENCANAAN DAN PEMBUATAN KENDARAAN MINI KART BERTENAGA LISTRIK. Vol 2.
Riswandi. (2019). SISTEM KONTROL VERTICAL GARDEN MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266 BERBASIS ANDROID. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
S., R. I., & Hartono, H. (2018). Rancang Bangun Pulse Width Modulation (PWM) Sebagai Pengatur Kecepatan Motor DC Berbasis Mikrokontroler Arduino. Jurnal Penelitian, 3(1), 50–58. https://doi.org/10.46491/jp.v3e1.31.50-58
Serway, R. a., & Jewett, J. W. (2008). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physic, 7 ed. In Brooks/cole: Vol. Cengage Le. http://books.google.com/books?id=XgweHqlvtiUC&pgis=1
Suyanto, M., & Kristiyana, S. (2015). Rancang Bangun Sistem Kendali Driver Motor Dc Magnet Permanen Dengan Metode Pwm Sebagai Penggerak Mobil Listrik Berbasis Op-Amp. Jurnal Elektrikal, 2(2), 62–69. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2531
Syafra, K, W. F., & Arwizet, H. (2020). Power Consumption Analysis of a BLDC 24V 250W Electric Bike on An Assembled Lithium-ion Battery Pack Analisis Konsumsi Daya Baterai Lithium-ion Rakitan oleh Sepeda Listrik Berpenggerak Motor BLDC 24V 250W. Motivection, 1–10.
Yuski, M. N., Hadi, W., & Saleh, A. (2017). Rancang Bangun Jangkar Motor DC (The Rotor of DC Motor Design). Berkala Sainstek, 5(2), 98–103.
Zainuri, F., & Syuriadi, A. (2021). Fundamental Powertrain Untuk Alat Berat (N. Martina & D. Handaya (eds.)). PNJ Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hilman Naufal Rafi, Alfi Tranggono Agus Salim, Mohammad Erik Echsony, Sefi Novendra Patrialova, Romal Hadi Setyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.