Kekuatan Tekan Dan Kekerasan Prototipe Engine Maunting Berbahan Dasar Biokomposit

Authors

  • Dicky Adi Tyagita Politeknik Negeri Jember
  • Andik Irawan Politeknik Negeri Jember
  • Bagas Eris Pradista Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jteta.v1i1.2

Keywords:

serat rami, carbon black, OEM

Abstract

Karet dan serat alam dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan engine mounting sebagai komponen otomotif, dengan kekuatan struktural dan paduan sesuai standar ASTM dan SNI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kekuatan tekan dan kekerasan sebagai analisis struktur paduan antara biokomposit Chopped Fiber (CF) berbahan dasar serat rami yang bermatrik campuran getah pohon karet dan carbon black. Tahapan penelitian ini adalah membuat kompon karet dari karet alam, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan serat dari batang rami yang hasilnya berupa serat panjang dan serat acak. Paduan karet, serat, dan carbon black dalam bentuk bubuk dan bahan pengikat. Perpaduan kedua bahan utama ini dibentuk dengan komposisi 35 phr, 45 phr, dan 55 phr. Uji tekan dan kekerasan dilakukan untuk mendapatkan sifat mekanik material. Sifat mekanik biokomposit CF yang diperkuat serat rami dengan bahan pengikat digunakan sebagai dasar produksi prototipe engine mounting. Metode penelitian ini adalah membuat engine mounting sesuai ASTM dan SNI dengan masing-masing 3 spesimen pada masing-masing komposisi, ditambah engine mounting OEM sebagai pembanding. Jumlah sampel benda uji sebanyak 18 buah. 10 benda uji mengalami uji tekan dan 10 benda uji kekerasan. Hasil dari penelitian ini adalah komposit yang diperkuat serat rami CF dalam bentuk engine mount lebih baik daripada engine mount OEM/buatan pabrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astika I Made, Dwijana I Gusti Komang (2014). Karakteristik Sifat Tarik Dan Mode Patahan Komposit Polyster Berpenguat Serat Tapis Kelapa, Dinamika Teknik Mesin, Volume 4 No. 2, Hal. 79-80.

Badan Standarisasi Nasional (1989). Standar Nasional Indonesia untuk Karet Bantalan Mesin Kendaraan Bermotor. SNI 06-1540-1989

Bahri Syamsul, Susanto Tri (2013). Pengaruh Nitrele Butadiene Rubber (NBR) Terhadap Mutu Bantalan Mesin, Jurnal Dinamika Penelitian Industri Vol. 24. Hal. 1-7.

Cifriadi A, dan Fallah A F (2013). Studi Kinetika Vulkanisasi Belerang Pada Kompon Karet Alam Tanpa Bahan Pengisi. Jurnal Penelitian Karet, 31(2), 159-167

Fauzi, IR, Syarifa L. F., Herlinawati, dan Siagian N. (2014). Keragaan Sistem Premi Penyadap Di Beberapa Perusahaan Perkebunan Karet. Jurnal Penelitian Karet, 32(2), 157-180

Husodo Nur, Sanyoto Budi (2009). Penerapan Pembuatan Karet Bantalan Mesin Dengan Bahan Pengisi Serbuk Nilon Pada Formula Kompon Karet Alam. Tugas Akhir. Program Studi D3 Teknik Mesin Fakultas, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Lokantara I Putu (2012). Analisis Kekuatan Impact Komposit Polyester-Serat Tapis Kelapa Dengan Variasi Panjang Dan Fraksi Volume Serat Yang Diberi Perlakuan NaOH. Dinamika Teknik Mesin, Volume 2 No.1. Hal. 47-48

Marlina Popy,et al 2014. Karakteristik Kompon Karet Dengan Bahan Pengisi Arang Aktif Tempurung Kelapa Dan Nano Silika Sekam Padi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian 25 (1):85-93.

Purboputro P I, Hariyanto Agus 2017. Analisis Sifat Tarik Dan Impak Komposit Serat Rami Dengan Perlakuan Alkali Dalam Waktu 2, 4, 6, Dan 8 Jam Bermatrik Polister. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 18 No. 2 Juli 2017: 64-75.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Tyagita, D. A., Irawan, A., & Pradista, B. E. (2022). Kekuatan Tekan Dan Kekerasan Prototipe Engine Maunting Berbahan Dasar Biokomposit. Jurnal Teknik Terapan, 1(1), 5–8. https://doi.org/10.25047/jteta.v1i1.2

Issue

Section

Articles