Pengaruh Perubahan Sistem Pemasukan Bahan Bakar dan Rasio Kompresi Motor Bakar 4-Tak Single Cylinder terhadap Torsi dan Daya
DOI:
https://doi.org/10.25047/jteta.v2i1.21Keywords:
carburettor, injection system, performanceAbstract
Teknologi injeksi adalah suatu sistem pemasukan bahan bakar pada kendaraan bermotor dengan cara disemprotkan. Penyemprotan bahan bakar dikontrol menggunakan komponen elektronik untuk mempertahankan keseimbangan campuran udara dan bahan bakar. Campuran udara dan bahan bakar yang seimbang dapat meningkatkan performa kendaraan dan mengurangi emisi gas buang yang dapat merusak lingkungan. Pada penelitian ini telah dilakukan modifikasi sepeda motor dengan sistem pemasukan bahan bakar karburator menjadi sistem injeksi dan diamati perubahannya terhadap torsi dan daya. Selain modifikasi sistem pemasukan bahan bakar, dilakukan juga pengamatan terhadap perubahan rasio kompresi. Hasil pengujian menggunakan dynotest menunjukkan terjadi peningkatan torsi pada sepeda motor dengan sistem pemasukan bahan bakar injeksi dan rasio kompresi 9:1 sebesar 8,5% dibandingkan dengan sistem pesakukan bahan bakar karburator, sedangkan untuk rasio kompresi 10:1 mengalami peningkatan sebesar 14,8%. Pengamatan pada daya menunjukkan peningkatan sebesar 15,7% pada rasio kompresi 9:1 dan 18,3% pada rasio kompresi 10:1.
Downloads
References
M. T. Muslim, H. Selamat, A. J. Alimin, N. Mohd Rohi, and M. F. Hushim, “A review on retrofit fuel injection
technology for small carburetted motorcycle engines towards lower fuel consumption and cleaner exhaust
emission,” Renewable and Sustainable Energy Reviews, vol. 35. Elsevier Ltd, pp. 279–284, 2014. doi:
1016/j.rser.2014.04.037.
M. Abu-Qudais, K. R. Asfar, and R. Al-Azzam, “Engine performance using vaporizing carburetor,” pp. 755–761,
, [Online]. Available: www.elsevier.com/locate/enconman
B. K. A. Surya, “Modifikasi Sepeda Motor Sistem Karburator Menjadi Sistem Injeksi pada Honda Legenda
(Tinjauan Sistem Pengapian),” Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2016.
A. F. Rahman, “Modifikasi Penambahan Sistem Injeksi pada Motor Bakar Karburator terhadap Performa Mesin
Sepeda Motor Honda Kharisma 125,” Thesis, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2020.
C. W. Wu, R. H. Chen, J. Y. Pu, and T. H. Lin, “The influence of air-fuel ratio on engine performance and pollutant
emission of an SI engine using ethanol-gasoline-blended fuels,” in Atmospheric Environment, Elsevier Ltd, 2004,
pp. 7093–7100. doi: 10.1016/j.atmosenv.2004.01.058.
A. Irawan and Adityo, “Karakteristik Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah Dengan Variasi Volume Silinder dan
Perbandingan Kompresi,” 2015.
J. B. Heywood, Internal Combustion Engine Fundamentals. United State of America: McGraw-Hill, Inc., 1988.
H. Heisler, Advance Engine Technology. United States of America: Hodder Headline Group, 1995.
B. Sendyka and M. Nog, “Combustion Process in the Spark-Ignition Engine with Dual-Injection System,” in
Advances in Internal Combustion Engines and Fuel Technologies, InTech, 2013. doi: 10.5772/54160.
M. F. Hushim, A. J. Alimin, H. Selamat, and M. T. Muslim, “PFI System for Retrofitting Small 4-Stroke Gasoline
Engines,” International Journal of Environmental Science and Development, pp. 375–378, 2013, doi:
7763/ijesd.2013.v4.374.
S. P. Chincholkar and J. G. Suryawanshi, “Gasoline Direct Injection: An Efficient Technology,” in Energy Procedia,
Elsevier Ltd, Dec. 2016, pp. 666–672. doi: 10.1016/j.egypro.2016.11.235.
D. Ramasamy, Z. Mohamed, M. Samykano, and S. Vijayan, “Design Optimization of Air Intake System (AIS) of
6L Engine by Adding Guide Vane,” Newswood Ltd., 2010, p. 2246.
Z. Arifin and Sukoco, Pengendalian Polusi Kendaraan. Bandung: Alfabeta, 2009.
A. Raj, P. KrDeo, V. Tiwari, and P. K. Sinha, “Performance Characteristic of a four Cylinder Four Stroke Petrol
Engine,” International Journal of Engineering Research and Applications www.ijera.com, vol. 10, pp. 45–50, 2020, doi:
9790/9622-1006044550.
S. A. Klein, “An Explanation for Observed Compression Ratios in Internal Combustion Engines,” 1991. [Online].
Available: http://www.asme.org/about-asme/terms-of-use
A. Shaik, N. S. V. Moorthi, and R. Rudramoorthy, “Variable compression ratio engine: A future power plant for
automobiles - An overview,” Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part D: Journal of Automobile
Engineering, vol. 221, no. 9, pp. 1159–1168, 2007, doi: 10.1243/09544070JAUTO573.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Faruq Avero Azhar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.