Briket Dari Cangkang Kelapa Sawit Menggunakan Perekat Daun Belimbing Wuluh

Authors

  • Bima Sandhika Putra Politeknik Negeri Jember
  • Alif Ardian Hidayat Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jteta.v1i1.7

Keywords:

briket, cangkang kelapa sawit, daun belimbing wuluh

Abstract

Bahan baku biomassa yang bisa digunakan salah satunya adalah cangkang kelapa sawit. Bahan perekat yang digunakan adalah daun belimbing wuluh, tanaman Daun belimbing wuluh berlimpah disekitar masyarakat dan kurang dimanfaatkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui karakterstik briket arang yang dihasilkan dari

cangkang kelapa sawit dengan perekat daun belimbing wuluh dan mengetahui komposisi terbaik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dan karakteristik fisik briket. Hasil penelitian didapatan bahwa briket cangkang kelapa sawit dengan perekat daun belimbing wuluh termasuk SNI dan tidak mendekati standart mutu komersil serta standar mutu briket inggris. Dimana pada komposisi ini memiliki nilai kalor 5.595,5 kal/g, kadar air 1,80 %, kadar abu 2,32%, densitas 0,6458 gr/cm3. Hal ini menunjukkan bahwa bahan baku cangkang kelapa sawit yang diarangkan dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan briket dan perekat daun belimbing wuluh dapat digunakan sebagai bahan perekat dengan pertimbangan pencampuran perekat atau variasi penggunaan perekat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S.E dan A. Syafrian. (2005). “Mesin Pengempa Briket Limbah Biomassa, Salah Satu Solusi Penyediaan Bahan Bakar Pengganti BBM untuk Rumah Tangga dan Industri Kecil”. Dalam Seminar Nasional dan Kongres Perteta, Bandung.

Amin, A.Z. (2017). Pengaruh Variasi Jumlah Perekat Tepung Tapioka terhadap Karakteristik Briket Arang Tempurung Kelapa.

Gunawan, B. (2015). “Pembuatan Biobriket dari Limbah Bottom Ash PLTU dengan Biomassa Cangkang”. Jurnal Sinetris.

Husada. (2008). Tempurung Kelapa dan Serbuk Kayu Terhadap Mutu Yang Dihasilkan. Skripsi Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatra Utara

Kementran Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). (2015). Panduan Penggunaan Untuk Sektor Rumah Tangga Jakarta : Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Koto, L, S. Sahala dan Lisyanto. (2019). Bioarang Organik Energi Alternatif. Medan. Yayasan kita Menulis.

Miskah, S., A. Lestari dan E.P. Darmawati. (2016). Pengaruh Variasi Jumlah Campuran Perekat Tapioka dan Semen Terhadap Pembuatan Biobriket Ampas Tebu. Jurnal Teknik Kimia Vol. 22, No. 4.

Ndraha, N.S (2009). Uji Komposisi Bahan Pembuat Briket Bioarang Tempurung Kelapa dan Serbuk Kayu Terhadap Mutu Yang Dihasilkan. Skripsi. Universitas Sumatra Utara: Medan.

Pane, dkk. (2015). Pengaruh Konsentrasi Perekat Tepung Tapioka dan Penambahan Kapur dalam Pembuatan Briket Arang Berbahan Baku Pelepah Aren.

Putra, dkk. (2013). Studi Kualitas Briket dari Tandan Kosong Kelapa Sawit dengan Perekat Limbah Nasi.

Putri, R.E., Andasuryani. (2017). “Studi Mutu Briket Arang Dengan Bahan Baku Limbah Biomassa”. Jurnal Teknolog Pertanian Andalas, Vol.21,No.2.

Ristianingsih, Y., A. Ulfa dan R. Syafitri. K.S. (2015). “Pengaruh Suhu dan Konsentrasi Perekat terhadap Karakteristik Briket Bioarang Berbahan Baku Tandan Kosong Kelapa Sawit dengan Proses Pirolisis”. Jurnal Konversi.

Satmoko, M.E.A. (2013). Pengaruh Variasi Temperatur Cetakan terhadap Karakteristik Briket Kayu Sengon pada Tekanan Kompaksi 6000 Psig. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Siahaan. (2013). Penentuan Kondisi Optimum Suhu dan Waktu Karbonisasi pada Pembuatan Arang dari Sekam Padi.

Silitonga, A.S. dan H. Ibrahim. (2020). Buku Ajar Energi Baru dan Terbarukan.Yogyakarta : Cv Budi Utama.

Sinaga dan Rosdanelli. (2017). Pembuatan Briket dari Kulit Kakao menggunakan Perekat Kulit Ubi Kayu.

Triono, (2006). Karakteristik briket arang dari campuran serbuk gergajian kayu Afrika (Maesposis eminii Engl) dan sengon (Paraserianthes falcataria L., Nielsen) dengan penambahan tempurung kelapa (Cocos nucifera L.) Skripsi. Institut Sebagai Perekat”.3. Hal 57

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Putra, B. S. ., & Hidayat, A. A. (2022). Briket Dari Cangkang Kelapa Sawit Menggunakan Perekat Daun Belimbing Wuluh. Jurnal Teknik Terapan, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.25047/jteta.v1i1.7

Issue

Section

Articles