Penerapan Energi Surya Sebagai Sumber Energi Penggerak Pompa Air Tanaman Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique)

Authors

  • Maliya Syabriyana Universitas Serambi Mekah
  • Fazri Amir Universitas Samudra
  • Zeni Ulma Politeknik Negeri Jember
  • Muhammad Khorul Huda Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jteta.v2i2.32

Keywords:

hidroponik, NFT, panel surya

Abstract

Energi merupakan kebutuhan vital untuk menunjang kebutuhan hidup yang meliputi sektor industri, transportasi, pertanian dan kebutuhan rumah tangga. Kebutuhan energi yang paling krusial adalah kebutuhan energi listrik dimana setiap kegiatan sehari hari menggunakan energi listrik Pemanfaatan energi terbarukan (renewable energy) dirasa sangat tepat untuk menggantikan penggunaan listrik konvensional, disamping untuk mengurangi pengeluaran biaya listrik, energi terbarukan juga dapat mendukung terciptanya green energy dan mengurangi penggunaan listrik energi fosil yang semakin menipis. Penggunaan energi matahari (solar panel) merupakan pilihan yang tepat dikarenakan penyinaran matahari yang berlangsung antara 7 sampai 8 jam sehari merupakan potensi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat PLTS sebagai sumber energi penggerak pompa pada tanaman hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) dan menganalisis energi rata- rata yang dihasilkan dari sistem konversi energi cahaya matahari menjadi listrik pada panel surya untuk sistem hidroponik NFT. Dari hasil perancangan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa energi yang dihasilkan panel surya belum mencukupi kebutuhan beban harian. Total energi tertinggi yang dihasilkan panel surya adalah 330,1 W/ hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Romadhoni, M. N. A. 2020. Perencanaan Pembangunan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya On Grid Pada Atap Gedung (Roof Top) Berkapasitas 10 Kwp Di Gedung Inspektorat Daerah Kota Samarinda , Kalimantan Timur. Jakarta: Institut Teknologi PLN.

Kumara, K. V., I. N. S. Kumara, dan W. G. Ariastina. 2018. “Tinjauan Terhadap Plts 24 Kw Atap Gedung Pt Indonesia Power Pesanggaran Bali.” E-Journal SPEKTRUM 5 (2): 26-35.

Hasan, H. 2012. “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Pulau Saugi.” Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan (JRTK) 10 (2): 169-180.

Ramadhan, A. I., E. Diniardi, dan S. H. Mukti. 2016. “Analisis Desain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 50 WP.” Teknik 37(2): 59-63.

Samsurizal, M. T. Aji, dan K. Tresya M. 2021. “Pemanfaatan Tenaga Surya Pada Photovoltaic Jenis Polycristaline Untuk Catu Daya Tanaman Hidroponik.” Energi dan Kelistrikan 12: 58-66.

Setiawan, D., H. Eteruddin, dan L. Siswati. 2020. “Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Tanaman Hidroponik.” Jurnal Teknik 14 (2): 208-215.

Haryanto, T., H. Charles, dan H. Pranoto. 2021. “Perancangan Energi Terbarukan Solar Panel Untuk Essential Load Dengan Sistem Switch.” Jurnal Teknik Mesin 10 (1): 41-50.

Sanubary, I., P. P. A. Santoso, dan D. Mahmuda. 2021. “Pembuatan Instalasi Panel Surya pada Sistem Hidroponik di Desa Dalam Kaum.” JURNAL ILMIAH POPULER 4(1): 31-35.

Krisnandar. 2020. Analisa Biaya Perencanaan Sistem Pengairan Hidroponik Teknik N.F.T (Nutrient Film Technique) Menggunakan Pompa Air Berbasis Solar Panel Dibandingkan Dengan Penggunaan Listrik Dari Pt.Pln(Persero). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hanora, P. (2018). Pemanfaatan Tenaga Surya Sebagai Penggerak Pompa Air Dc Pada Tanaman Hidroponik Skripsi. sumatera utara: universitas sumatera utara.

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

Syabriyana, M., Amir, F. ., Ulma, Z. ., & Huda, M. K. . (2023). Penerapan Energi Surya Sebagai Sumber Energi Penggerak Pompa Air Tanaman Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) . Jurnal Teknik Terapan, 2(2), 37–45. https://doi.org/10.25047/jteta.v2i2.32

Issue

Section

Articles