Pengujian Jarak Dan Waktu Pengereman Serta Laju Keausan Kampas Rem Berbahan Komposit Kulit Buah Mahoni Dan Serbuk Kayu Jati
Keywords:
Kampas rem, Jarak dan waktu pengereman, Laju keausan, Serbuk kayu jati, Kulit buah mahoni, PolyurethaneAbstract
Kampas rem adalah komponen vital pada sepeda motor yang berperan dalam mengurangi kecepatan dan menghentikan laju kendaraan. Saat kendaraan melaju di kecepatan tinggi, kampas rem memiliki fungsi beban sebesar 90% dari komponen lainnya. Adapun penelitian ini membuat kampas rem berbahan komposit dengan memanfaatkan limbah dari serbuk kayu jati dan kulit buah mahoni dengan campuran resin polyurethane dan serbuk aluminium. Spesimen kampas rem V4 memiliki jarak dan waktu pengereman tersingkat dengan jarak 3,21 meter dan waktu 0,42 detik dan mendekati spesimen kampas rem pembanding dengan jarak 2,94 meter dengan waktu 0,39 detik. Pada spesimen kampas rem V4 sisi 2 memiliki nilai laju keausan 0,892 × 10-6 gram/detik.mm2 yang mendekati kampas rem pembanding sisi 2 dengan nilai laju keausan 1,513×10-6 gram/detik.mm2 dan spesimen kampas V2 sisi 1 memiliki nilai laju keausan 0,853×10-6 gram/detik.mm2 yang mendekati kampas rem pembanding sisi 1 dengan nilai laju keausan 1,746×10-6 gram/detik.mm2. Perbedaan hasil uji jarak dan waktu pengereman serta laju keausan ini dapat terjadi dikarenakan adanya perbedaan tingkat kekerasan tiap spesimen kampas rem. Perlu dilakukan pengujian lebih lanjut mengenai tingkat kekerasan spesimen kampas rem.
Downloads
References
Hrp, A. P. (2019). Analisis Keausan Kampas Rem Sepeda Motor Berbahan Komposit Serbuk Cangkang Kelapa Sawit. Skripsi Teknik Mesin Pada Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Suhardiman, S., & Syaputra, M. (2017). Analisa keausan kampas rem non asbes terbuat dari komposit polimer serbuk padi dan tempurung kelapa. Dalam jurnal Inovtek Polbeng, vol. 07, no. 2, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bengkalis, halaman 210-214.
Prameswari, D., & Yohanes, Y. (2019). Analisa Sistem Pengereman Pada Mobil Multiguna Pedesaan. Dalam Jurnal Teknik ITS, vol.8, no.1, Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, halaman E67-E73.
Nayiroh, N. (2013). Teknologi material komposit. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang.
Erlansyah, A. D. (2022). Rekayasa Material Komposit sebagai Bahan Dasar Alternatif Pembuatan Helm SNI. Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Tidar.
Ahmad, A. R., Handayani, V., Syarif, R. A., Najib, A., & Hamidu, L. (2019). MAHONI (Swietenia mahagoni (L.) Jacq) Herbal Untuk Penyakit Diabetes (hal. 6). Makassar: CV. Nas Media Pustaka.
Kosjoko, K. (2021). Serbuk Kayu Jati (Tectona Grandis LF) sebagai Bahan Penguat Komposit Brake Pad Sepeda Motor Bermatriks Epoxy. Dalam Jurnal J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin, vol.6, no. 1, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember halaman 16-19.
Zakaria, M. (2018). Analisis Kampas Rem Komposit dari Karbon Kulit Buah Mahoni dan Abu Layang (Fly Ash) Batubara serta Sifat-Sifat Fisikanya. Skripsi. Jurusan Fisika, Universitas Negeri Semarang.
Arif, S., Eko, R., & Rahmad, H. (2021, September). Penelitian Pendahuluan Laju Keausan Efektif Material Komposit Gergaji Kayu Jati Dengan Matriks Epoxy Untuk Aplikasi Kampas Rem Cakram. Dalam jurnal Seminar Nasional Teknologi Terapan (MESIN) Vol. 7, No. 1, 3 Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang.
Setyawan, J. W. (2022). Pengujian Jarak Pengereman Pada Sepeda Motor Matic 155 Cc Dengan Variasi Bentuk Piringan Cakram Dan Kampas Rem. Skripsi. Jurusan Teknik Politeknik Negeri Jember.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azamataufiq Budiprasojo, Loisa Gelaro Sabil, Aditya Wahyu Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.