Analisis Penambahan Heat Exchanger Pada Knalpot Dan Waktu Kinerja Terhadap Kandungan Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah

Authors

  • Andi Yulianto Politeknik Negeri Jember
  • Aditya Wahyu Pratama Politeknik Negeri Jember
  • Dwi Djoko Suranto Politeknik Negeri Jember

Keywords:

Heat Exchanger, Knalpot, Emisi Gas Buang, Variasi Waktu

Abstract

Perkembangan teknologi otomotif saat ini telah menghasilkan inovasi-inovasi terbaru yang lebih canggih, meningkatkan jumlah kendaraan yang beredar di masyarakat. Namun, peningkatan jumlah kendaraan juga mengakibatkan peningkatan emisi gas buang. Gas buang, yang merupakan sisa pembakaran bahan bakar di dalam mesin, mengandung polutan seperti Nitrogen Oksida (NOx), Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), dan partikel debu yang mengandung timbal (Pb). Penelitian ini menggunakan alat heat exchanger yang menggunakan bahan bakar pertamax pada 1500 RPM selama 5, 10, dan 15 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan emisi gas buang terbaik terjadi pada variasi waktu 15 menit dengan laju aliran fluida 6 lpm. Sebelum pendinginan, kandungan gas buang CO, CO₂, O₂, dan HC adalah 0,83%Vol, 10,2%Vol, 8,95%Vol, dan 137 ppm, masing-masing. Setelah pendinginan, dengan variasi waktu 15 menit dan laju aliran fluida 6 lpm, kandungan gas CO, CO₂, O₂, dan HC menjadi 0,43%Vol, 7,4%Vol, 12,01%Vol, dan 72,5 ppm, masing-masing. Ini menunjukkan penurunan yang signifikan, dengan penurunan gas CO sebesar 48,1%, penurunan CO₂ sebesar 27,4%, kenaikan O₂ sebesar 34,1%, dan penurunan HC sebesar 47%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kreith. (2012). Prinsip-Prinsip Perpindahan Panas Edisi Ketiga (terjemahan P. Arko). Erlangga, Jakarta. In Erlangga, Jakarta (pp. 1–71).

nugroho, e. . (2023). ANALISIS PENAMBAHAN HEAT EXCHANGER PADA KNALPOT DENGAN VARIASI DIAMETER LUBANG DAN ALIRAN FLUIDA UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN. Skripsi, 4(1), 88–100.

Razali, A., Maksum, H., & Daswarman. (2014). Perbandingan Gas Karbon Monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) yang Menggunakan Catalyst Kuningan dengan Catalyst Tembaga pada Motor Empat Langkah. Automotive Engineering Education Journals, 3(4), 1–9. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/download/3162/228

Titahelu, N. (2019). Analisis Pengaruh Kecepatan Fluida Panas Aliran Searah. Jurnal Teknologi, 5(2), 819–824.

Munahar, S., Triwiyatno, A., Setiawan, J. D., Mesin, M. T., Teknik, F., Diponegoro, U., Elektro, J. T., Teknik, F., Diponegoro, U., Mesin, J. T., Teknik, F., & Diponegoro, U. (2015). STRATEGI PENINGKATAN MODEL AIR TO FUEL RATIO ( AFR ).

nugroho, e. . (2023). ANALISIS PENAMBAHAN HEAT EXCHANGER PADA KNALPOT DENGAN VARIASI DIAMETER LUBANG DAN ALIRAN FLUIDA UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN. Skripsi, 4(1), 88–100.

Pertamina. (2020). Spesifikasi Produk BBM, BBN & LPG. Spesifikasi Produk BBM, BBN & LPG, 23..

Razali, A., Maksum, H., & Daswarman. (2014). Perbandingan Gas Karbon Monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) yang Menggunakan Catalyst Kuningan dengan Catalyst Tembaga pada Motor Empat Langkah. Automotive Engineering Education Journals, 3(4), 1–9. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/download/3162/228

Sudarwanto, H. W., Utami, I. W., Asmoro, R., & Wulandari, A. A. (2020). Bahaya Emisi Gas Buang Kendaraan Berbahan Bakar Bendin dan Menumbuhkan Lingkungan Hijau di Perkotaan. Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi (HUBISINTEK), 101–105. https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/985

Suprayitno, A., Sulaeman, & Gerri Jailani, A. (2019). Analisa Pengaruh Kerenggangan Celah Busi Terhadap Emisi Gas buang (CO dan HC) Pada Sepeda Motor Hondha Beat 110 cc. Jurnal Teknologika, 9(2), 1–7.

Titahelu, N. (2019). Analisis Pengaruh Kecepatan Fluida Panas Aliran Searah. Jurnal Teknologi, 5(2), 819–824.

Tyagita, D. A., & Ari, R. N. (2022). Pengaruh Penurunan Suhu Gas Buang dengan Inovasi Penambahan Heat Exchanger pada Knalpot Sepeda Motor 4

Langkah. J-Proteksion, 6(2), 30–34. https://doi.org/10.32528/jp.v6i2.7089

Wiratmaja, I. (2010). Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline. Jurnal Energi Dan Manufaktur, 4(1), 10.

Yudhantoko, M. (2008). Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Komisi Penghapusan Bensin Bertimbel, 1, 1–11. www.kbpp.org/makalah-Ind/emisi

Downloads

Published

2024-11-05

How to Cite

Yulianto, A., Pratama, A. W., & Suranto, D. D. (2024). Analisis Penambahan Heat Exchanger Pada Knalpot Dan Waktu Kinerja Terhadap Kandungan Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah. Jurnal Teknik Terapan, 3(2), 54–62. Retrieved from https://j-teta.polije.ac.id/index.php/publikasi/article/view/42

Issue

Section

Articles